Share this!

Jumat, 18 Januari 2013

Cara Membuat Antena Wajanbolic Penangkap Sinyal Wifi Dengan Cara Mudah


Cara Membuat Antena Wajanbolic Penangkap Sinyal Wifi Dengan Cara Mudah 



Ahh.. ternyata, setelah trial wajanbolic sukses, banyak teman-teman yang tertarik juga untuk membuat wajanbolic. Lumayan loh gan, ngenetSEPUASNYA tanpa dipungut biaya sepeserpun..!! Mantaaf... 


Sebenarnya sudah banyak tersebar di postingan blogger-blogger yang membahas tentang cara membuat penangkap sinyal wifi yang satu ini, bahkan saya pun juga otodidak dari blog-blog nya blogger, hehe..





Berhubung banyak teman-teman yang tanya, ada baiknya jika penjelasannya saya muat di sini saja berikut gambarnya.


RANCANGAN


PERSIAPAN BAHAN



1 wajan (usahakan yang berukuran 30 cm keatas, lebih besar lebih baik); Pipa paralon ukuran 3"; 2 bh tutup paralon 3"; paralon ukuran 1"-1,5" plus 1 tutupnya untuk tempat wifi usb; 2 bh baut; lakban alumunium (jika susah ditemukan seperti di daerah saya, bisa juga memakai alumunium foil); Wifi USB; kabel perpanjangan USB; tiang yang digunakan untuk tempat antena atau bisa juga dengan memakai bambu; lakban plastik.

CARA PEMBUATAN




1. Lubangi wajan persis di bagian tengahnya, lubangi juga tutup pipa paralon yang berukuran 3", letakkan tutup pipa ditengah wajan, lalu masukkan baut ke tutup pipa dan wajan yang telah dilubangi tengahnya, kencangkan



2. Balut sebagian pipa paralon berukuran 3" juga tutup pipa 3" (bagian dalam) dengan lakban alumunium atau alumunium foil. Jika menggunakan alumunium foil jangan lupa balut lagi dengan lakban plastik agar tidak mudah rusak ketika hujan



3. Lubangi pipa yang berukuran kecil dan juga pipa yang dibalut dengan alumunium foil cukup seukuran besar wifi usb saja


4. Lubangi tutup pipa 3" yang telah diberi lakban alumunium juga tutup pipa yang kecil, lalu masukkan baut, kencangkan



5. Tempatkan wifi di lubang pipa yang telah dibuat tadi, lalu tutup pipa dengan tutup pipa berlakban alumunium, masukkan pipa kecil yang digunakan sebagai tempat Wifi USB tepat pada tutup pipa kecilnya, tutup rapat.



6. Pasang antena wajan tersebut di tiang yang disediakan



7. Pasang kabel perpanjangan USB pada Wifi USB


8. Arahkan antena menghadap lokasi objek sasaran, dan usahakan jangan sampai arah yang sasaran terhalang oleh bangunan rumah atau gedung, dsb.



9. Sambungkan USB dengan PC atau laptop agan, karena wajanbolic agan siap memberikan internet SEPUAS AGAN!!


Cara tersebut sebatas seperti yang saya terapkan lho.. karena jika dibanding apa yang dimuat oleh blogger lain mungkin ada perbedaan. Dan saya banding-bandingkan tampaknya cara ini adalah cara yang paling mudah dipahami oleh orang awam seperti saya, hehe.. jadi mungkin jika agan bertanya lebih detail dan berbeda dengan metode yang saya pakai, nah.. besar kemungkinan saya belum bisa menjawab dan saya akan sangat senang jika agan berkenan membagi infonya.


Oiya gan, untuk mengikat wajan ke tiangnya saya gunakan besi yang biasa di buat masang antena itu lho gan, kadang juga buat pengaman monitor di warnet juga, entah namanya apa, hehe.. bisa di dapat di toko besi dan bangunan, harganya kalau ga salah kemaren Rp. 3000,- , kalau dudukannya agan bisa minta buatin ke tukang las besi, paling upahnya Rp. 5000,- kalau agan kenal dengan tukangnya bisa juga gratis.. soalnya kemaren saya bikinnya gratis juga.. hehe.. Biar agan ga keliru belinya, besi yang saya maksud ini gan..



trus dipasangnya seperti ini...

13 komentar:

  1. usb nya merk dan type apa?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. TP-Link Model TL-WN722N
      Info lebih lanjut klik: http://www.tp-link.co.id/products/details/?categoryid=&model=TL-WN722N#down
      Sya juga munya mas... :-) Makanya saya tau... HeHeHe..

      Hapus
  2. berepa panjanngnya pralon yg harus di potong?

    BalasHapus
  3. gan itu radius nya nyampe berapa kilo? terus bahan wajan nya sendiri itu ngaruh ga? kan ada tuh yang dari besi campuran gitu yang jelek.

    BalasHapus
  4. klo usb wifi kena air hujan korsleting gk?

    BalasHapus
  5. punya aku gagal, singalnya gak kebaca di sofware tpi linknya
    ada solusi gak :(

    BalasHapus
  6. itu usb wireless nya hrus diseeting dulu ga gan sebelumnya,,? apa langsung conect gitu aja,,?

    BalasHapus
  7. kalo untuk yang langsung dari laptop? rencanyanya saya mau keluarkan antena penerimanya terus dipasang di atap rumah. ada gak tutorial nya? thanks agan agan

    BalasHapus
  8. kalo pake D-Link DWA-123 bisa nggak

    BalasHapus
  9. kalo pake antena yagi lebih bagus mana gan?tks ah...

    BalasHapus
  10. guys itu USB wirless nya pakek yang merk apa yang bagus?
    mohon infonya guys

    BalasHapus